Mengapa Kita Diperintahkan untuk Berdoa ?

oleh : Em Amir Nihat

Islam sebagai Agama yang mengajak keselamatan dibuktikan salah satunya dengan adanya anjuran untuk berdoa dalam kondisi apapun. Berdoa selain berfungsi sebagai permintaan dan wujud kehambaan kita kepada Allah juga yang jarang disadari ternyata berdoa juga sebagai wujud energi positif. Atau fikiran positif. Berdoa membuat manusia menjadi ridho dengan keadaan. Tidak gampang stres.

Misalnya saat hujan kita dianjurkan untuk berdoa : Allahumma shayyiban nafi’an.” Ya Allah, curahkanlah air hujan yang bermanfaat. (HR Bukhari dari Aisyah RA).

Disini terlihat sekali bahwa Rosululloh mencontohkan kepada kita semua untuk bisa berfikir positif dalam kondisi apapun atau mencari sisi hikmah dari kejadian apapun. Saat hujan kita disadarkan tentang kehambaan kita buktinya kata “allahumma” dan juga diharapkan memiliki fikiran yang positif “shayyiban nafi’an” curahkan air hujan yang bermanfaat. Goalnya orang yang berdoa dan sadar arti doanya tentu fikiran jadi tenang dan bisa mengambil sisi hikmah dari kejadian itu. Betapa Agama Islam sangat menginginkan Keselamatan bahkan saat dalam fikiranpun kita diajak untuk selamat.

Bandingkan jika menyikapi hujan bukan berdoa tapi berkeluh kesah. Hujan tidak akan berubah walau kita keluh kesah yang ada fikiran jadi stes, hati tidak tenang dan tidak ridho dengan keadaan. Maka terbukti sudah bahwa orang yang berdoa mestinya memang fikirannya positif, hatinya tenang dan sikapnya pun bijaksana.

Yang menjadi PR kita mungkin adalah kita jarang menyadari artinya atau hanya sekedar ucap saja tanpa penghayatan dalam berdoa sehingga doa pun tidak mengefek ke pemaknaan kita. Padahal jika diteliti dalam doa ada sisi positif menyikapi hal itu. Semoga saat kita berdoa bukan hanya ucapan semata tetapi juga pemaknaan dalam berdoa. Bukan hanya kata-kata semata tetapi kita juga “menghidupkan” kata-kata.

Purwakarta, 22 Desember 2021

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s