Mengapa Assalamu’alaikum Jadi Salam Umat Islam ?

oleh : Em Amir Nihat

Assalamu’alaikum yang artinya adalah Semoga Keselamatan terlimpah untukmu.
Kemudian dibalas dengan mengucapkan Wa’alaikumusalam yang artinya adalah Dan Semoga keselamatan terlimpah juga kepadamu/ kalian.
Dapat ditambahkan dengan Wa rahmatullahi yang artinya dan rahmatNya, dan wa barakatuh yang artinya dan keberkahan NYA

Ini bisa juga berarti semacam ikrar seolah menyatakan dirinya mengamankan pada orang lain, baik dari ucapan dan perbuatannya. Makna pun jika digarisbesarkan adalah menjaga silaturahmi dan persaudaraan. Ada rasa dalam diri untuk berbagi kasih sayang yang wujudnya mendoakan keselamatan pada orang lain. Artinya dalam diri kita sudah tidak ada kebencian dan dengki pada orang lain. Sangat tidak singkron andai mulutnya berucap salam tapi hatinya malah menolak salam.

Misalnya kita bertamu lalu berucap salam maknawinya kita berikrar pada tuan rumah bahwa kita tidak akan mencuri, tidak akan dzolim dan siap mengamankan baik perilaku maupun ucapan kita.

Namun jika hal ini hanya dilihat sekedar seremonial belaka tentu tidak akan ngefek pada apa yang dilakukannya sehingga jangan heran kalau ucapan salam pun bisa terdistorsi oleh kepentingan-kepentingan.

Semoga saja ketika kita berucap salam didalam kesadaran kita ada rasa ikrar untuk saling mengamankan, ada rasa untuk tidak menyakiti, ada rasa untuk menjalin silaturahmi dan yang paling penting semoga saja ada kesadaran akan rahmat dan berkah dari Allah.

Andaikan semua orang yang mengucapkan salam faham akan makna ini tentu tidak ada lagi kejahatan atas nama agama sebab dalam urusan sapa menyapapun kita ternyata disuruh untuk menjaga silaturahmi, saling berbagi kasih sayang dan saling mengamankan satu sama lain.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s