Allah Memerintahkan Kita untuk Bergembira

oleh : Em Amir Nihat

Orang sampai berani melakukan maksiat misalnya perzinaan atau minum minuman keras tujuannya pasti mencari kesenangan atau kegembiraan, padahal jika kita tahu hakikat dari kemaksiatan bahwa kemaksiatan itu seperti racun yang menghancurkan kita, tentu kita akan menjauhinya. Sangat aneh dan bodoh kalau kita tahu itu racun lalu kita malah meminumnya, bukan ?

Jika kita sadar bahwa tujuan  yang dicari adalah kesenangan atau kegembiraan maka sebisa mungkin kita melakukan ibadah juga dasarnya ada rasa kebahagiaan atau senang karena hakikat dari ibadah itu seperti obat jadi kita akan senang meminumnya karena itu menyembuhkan.

Orang soleh jaman dulu menyikapi ibadah misalnya sholat itu bahagia sekali. Bisa ditakdirkan sholat, ya alhamdulillah. senang dan gembira. Jadi jika ada perintah ibadah mereka akan senang dan bahagia karena itu perintah dari Rabb. Rabb artinya Allah yang Maha Memelihara. Apapun perintah dari Allah itu pasti  bentuk kasih sayang Allah pada manusia. Allah memelihara manusia. Analoginya begini, misalnya karena orangtua sayang anaknya maka orangtua menyuruh anak makan saat lapar dan menyuruh minum obat jika sakit. Menyuruh disini bukan dalam rangka kepentingan orangtua tetapi karena bentuk kasih sayang orangtua pada anaknya. Maka perintah Allah dalam hal ini ibadah adalah bentuk kasih sayang Allah pada manusia. Semoga kita menyadari hal ini.

Demikian juga datangnya AlQur’an sebagai pedoman hidup dan diutusnya Rosululloh SAW juga merupakan rahmat dari Allah sehingga semestinya sebagai Orang Islam kita memang harus bahagia ( Allah memerintahkan kita untuk gembira dan Bahagia ) Lihat Q.S. Yunus : 58. Betapa beruntungnya kita sebagai Orang Islam. Betapa beruntungnya kita sebagai Umatnya Nabi Muhammad SAW. Karena perkara bahagia pun ternyata kita disuruh dan diperintahkan. Jangan lupa bahagia. Yuk bahagia.

Purwakarta, 10 Maret 2022

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s