Belajar kepada Adzan

oleh : Em Amir Nihat

Setiap kita mendengar adzan kita disunahkan membaca lafad adzan sesuai bacaan muadzin kecuali pada bacaan “Hayya Alash Shalah” memiliki arti “Marilah kita mendirikan sholat” dan “Hayya Alal Falah” artinya “Marilah kita menuju kemenangan”. Dua bacaan itu disunahkan kita membaca “Laa haula wa laa quwwata illa billaah”, yang artinya tiada daya dan upaya kecuali karena pertolongan dari Allah.

Jika kita cermati dua kalimat itu menunjukan suatu hal pencapain maka siapapun saja andai bisa menunaikan ibadah entah itu sholat, zakat, puasa dsb dan juga bisa mendapatkan kemenangan entah itu dalam pencapaian dunia ataupun akhirat itu semua PASTI karena Pertolongan dan Anugerah dari Allah maka sudah sepantasnya selesai beribadah ataupun saat mendapatkan nikmat kita ucapkan syukur alhamdulillah.

Kalimat  “Laa haula wa laa quwwata illa billaah” juga menyadarkan kita supaya jangan angkuh, sombong dan berbangga diri sebab hakikatnya pasti karena pertolongan Allah. Kalimat ini juga sebagai wujud ketidakberdayaan kita, wujud kehambaan kita, wujud kepatuhan kita dan wujud kepasrahan kita kepada Allah.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s