Belajar kepada Wudlu

oleh : Em Amir Nihat

Di era Pandemi ini WHO mengkampanyekan mencuci tangan dengan air yang mengalir sebagai salah satu usaha penangkal virus. Tetapi jauh sebelum itu di Islam, kita sudah terbiasa melakukan hal itu yang wujudnya berupa wudlu. Bukan hanya mencuci tangan tapi kita juga mencuci wajah, mulut, hidung, telinga sampai kaki. Betapa agama Islam sangat sangat mengajarkan dan menginginkan kita bersih secara fisik.

Menurut penuturan dr Eddy S beliau teringat dengan  Dr. Caniza yang membuat jurnal yang meneliti bahwa kejadian infeksi di Rumah Sakit pada penderita kanker anak bisa ditekan sampai 80% hanya dengan mencuci tangan. Kejadian penelitian tersebut pada sebuah negara berkembang di Amerika latin. Sebuah tempat yang mirip dengan negara kita. Lebih lanjut dr. Caniza menyebut bagaimana cara mencuci tangan. Lebih spesifik lagi mencuci pada air yang mengalir. Bukan mencuci tangan dengan alkohol, bukan pula dengan antiseptik. Cukup mencuci tangan dengan air yang mengalir.

Manfaat mencuci tangan saja sudah bisa menekan infeksi sampai 80%, apalagi jika ditambah mencuci wajah, hidung, telinga dan kaki. Artinya agama ini sangat sangat menginginkan kita selamat secara fisik salah satunya dengan berwudlu. Dan Allah menegaskan lagi di Al Qur’an Surat Al-Baqarah ayat 222 disebutkan: “…Sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang bertaubat dan menyukai orang-orang yang mensucikan diri.”.

Betapa beruntungnya orang yang mau berwudlu. Juga alangkah indahnya Agama Islam yang sangat menginginkan manusia selamat secara fisik dan juga batin. Alhamdulillah.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s