Tawakal

oleh : Em Amir Nihat

Suatu hari dikala sore mendung mendekati gerimis, Syaikh Maulana Al Rasyid didatangi santrinya. Jundap Arwani.

“Ya Syaikh. Apa itu tawakal?” Bertanya Jundap Arwani

Syaikh Maulana Al Rasyid mendengarkan dengan seksama pertanyaan santrinya, lalu beliau pun menjawab.

“Jun. Misalnya kejadian kita mau nitip uang tetapi kita ragu-ragu mau nitip atau menyimpan dimana. Lalu ada orang yang bisa dipercaya, sudah terkenal amanat, baik orangnya dan suka menepati janji maka kita akan nyaman menitipkan uang kita kepadanya. Setelah kita nyaman menitipkan uang kita maka selanjutnya kita ikuti arahan orang itu.”

“Analoginya seperti itu Jun. Allah itu Maha Pengasih dan Penyayang. Allah Maha Mengetahui keadaan kita dan apa yang terbaik untuk kita. Allah itu Maha Kuasa atas segala sesuatu. Tidak ada satupun kejadian kecuali pasti karena izin dariNya. Allah Maha Mengurus MakhlukNya. Allah itu Maha Menepati Janji dan salah satu janjinya adalah Allah akan mencukupi ( keperluan) orang-orang yang bertawakal kepadaNya ( lihat. Q.S. At Talaq : 3) maka semestinya kita nyaman punya Allah. Kita bertawakal kepadaNya. Hati jadi tenang, damai dan nyaman.”

“Hanya saja banyak dari kita lupa syarat selanjutnya. Setelah kita menyerahkan segala urusan  kita kepada Allah selanjutnya kita harus mematuhi anjuran-anjuran dan Perintah Allah. Kayak analagi orang yang mau menitipkan uang tadi, setelah ia menitipkan ya tinggal ikuti arahan dari orang yang ia percayai. Sekelas manusia saja bisa kita percayai padahal manusia punya potensi menyelewengkan sedangkan Allah Maha Menepati Janjinya. Pasti akan dicukupkan andai kita mau bertawakal kepada Allah. Sayangnya banyak dari kita masih mengandalkan dirinya sendiri, mengandalkan usaha sendiri, mengandalkan kepintaran sendiri melupakan Bertawakal kepada Allah.”

“Ikatlah kudamu, lalu bertawakal pada Allah. Berusaha sekuat tenaga. Berusaha mematuhi anjuran dan Perintah Allah lalu bertawakal pada Allah.”

Jundap mendengarkan dengan seksama nasihat gurunya itu. Ia bergumam “Beruntung sekali ya orang yang bertawakal kepada Allah”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s