Sembunyi dari Kata – Kata

oleh : Em Amir Nihat

Kata-kata ataupun berkata-kata itu akan memunculkan dunia sudut pandang. Entah itu baik atau buruk, positif atau negatif. Dan berbagai ragam respon dari orang lain. Itu seperti peluru sehingga tidak heran kalau di dunia sastra, kata-kata itu senjata. Melawan dengan kata. Pernah dengar istilah itu kan?

Hari ini di grup wa saya mencoba liar. Mencoba seru-seruan dengan membuat argumen yang multitafsir. Maka praktis saya diserang dan didebat teman-teman saya. Ada yang membuli. Ada yang mendebat. Ada yang setuju. Ada juga yang tidak setuju.  Ada yang tidak peduli bodo amat. Intinya respon beragam. Seperti dugaan saya.

Dari eksperimen saya itu saya jadi faham pentingnya bersembunyi dari kata-kata. Semakin banyak kita berbicara atau berkata-kata itu semakin banyak pula kelemahan kita terlihat atau diketahui orang, sebaliknya dengan sedikit berbicara maka semakin sedikit pula yang tahu kelemahan kita. Artinya jika kita ingin selamat di medan perang yang utama adalah belajar sembunyi dari kata – kata.

Purwakarta, 26 Juli 2021

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s