Nasihat Pak Tani pada Anaknya

oleh : Em Amir Nihat

Padi-padi menguning. Nyiur melambai. Di tengah terik matahari di sebuah gubug beratapkan pelepah kelapa, Pak Tani dan Anaknya ( 17 thn ) sedang beristirahat setelah sedari tadi memanen padi menggunakan arit. Ada kopi, rokok dan mendoan dingin hasil olahan Bu Tani. Mereka ngobrol sesuatu hal.

“Pak. Info terbaru dari Pemerintah katanya mau membuang 20 ribu ton beras akibat mutu beras menurun. Kebijakan impor disinyalir penyebabnya sehingga stok menumpuk banyak. Sebagai petani tentu kita sedih mendengar hal ini , Pak?” Keluh Sang Anak

“Kalau masih ada pemodal bermain di Pemerintahan kita bisa apa, Nak. Lagian kalau Pemerintah mau belajar dari Orang-Orang Desa tentu mereka tidak akan menyimpan dalam bentuk beras. Seperti kita tahu nak, menyimpan dalam bentuk masih bulir padi itu lebih awet dan tahan lama. Contoh saja Kasepuhan Ciptagelar, Nak. Panen 1 – 2 kali tapi bisa mencukupi untuk setahun. Rantai makanan terjaga dan kelaparan bisa diatasi. Yang menjadi pertanyaan kita mengapa pemerintah masih menyimpan dalam bentuk beras ?”

Sang anak sambil rokokan juga muthung ( kesel ),

“Apalagi narasi turunkan harga beras itu sangat menyakiti kita. Dalihnya demi orang miskin. Padahal itu taktik mereka saja supaya beras murah, padahal orang kota malas menanam padi. Mengapa banyak anak-anak petani merantau ke kota dan meninggalkan sawahnya karena memang hasil panen tidak bisa menutupi sehari-hari. Coba kalau beras mahal, pasti banyak anak petani yang bertahan jadi petani.”

Pak Tani menjawab,

“Strategi kita kalau bisa jangan menjual beras, nak. Usahakan kita makan dari beras kita sendiri. Jika seluruh petani kita bertindak demikian pasti petani tidak akan diremehkan lagi kayak sekarang. Masalahnya kita harus punya pekerjaan sampingan, Nak.”

Pak Tani meneruskan apa yang ia ketahui,

“Profesor dari Iraq bernama Khalid al Ubaydi meneliti tanaman mana yang akan cepat tumbuh. Ia membuat dua ruangan dan menanam dua tanaman. Yang satu disetel musik jazz dan yang satu lagi disetel bacaan Alqur’an. Dan ajaibnya tanaman yang dibacakan ayat alqur’anlah yang tumbuhnya lebih subur. Padahal perawatannya sama. Ini bisa menjadi teori petani kita bahwa saat menanam padi atau jagung atau apapun itu harus dengan membaca ayat-ayat alqur’an supaya tumbuhnya lebih cepat dan berkah. Info ini penting sekali, nanti sampaikan ke para petani juga ya. Kan bagus banget jika saat mencangkul, menanam dan merawat tanaman sambil membaca ayat-ayat alqur’an atau sholawatan. Pasti lebih berkah dan insyaAllah akan tahan dari hama wereng. Penggunaan media suara untuk semacam ini ternyata juga dilakukan di Jepang. Di Jepang perempuan yang hamil di kandungan yang menginjak empat bulan ke atas, mereka sibuk dengan pekerjaan favoritnya. Artinya jika kepengin anaknya pintar matematika maka untuk itu ia mulai membaca pelajaran matematika. Kalau sebagai muslim kita ya pakailah media AlQur’an. Bacalah AlQur’an saat bayi dalam kandungan menginjak empat bulan ke atas. Diharapkan rutin supaya berkah.”

Sang Anak setuju,

“Ia, Pak. Di Malaysia juga ada. Petani di dataran tinggi Cameron, Malaysia, Law Zhuang, memiliki cara khusus agar stroberi tumbuh subur dan berkualitas tinggi. Zhuang mengungkapkan, media tanam yang berkualitas saja tidak cukup menghasilkan buah bermutu. Untuk menghasilkan buah yang manis, segar, dan berukuran besar, Zhuang menerapkan perawatan yang cukup unik dan di luar dugaan. Setiap hari setidaknya selama tiga jam ia memutar musik klasik di kebun. Pria berusia 55 tahun itu percaya bahwa suara musik dapat membuat tanaman stroberi tumbuh lebih subur, bahagia, serta menghasilkan buah yang lebih manis dan segar. Hebatnya stroberi di lahan Zhuang berbobot mencapai 20 g per buah dan produksi total 500 g per tanaman”

Semoga nasib Petani ke depan lebih sejahtera. Aamiin.

.

.

.

Daftar Pustaka :

1. https://www.vice.com/id_id/article/a355dg/bulog-buang-20-ribu-ton-beras-buwas-salahkan-sri-mulyani

2. https://m.dw.com/id/nasib-beras-indonesia-di-ujung-tanduk-lalu-kita-makan-apa/a-50884654

3. Belajar dari Kasepuhan Ciptagelar : https://youtu.be/H7uEJKnhamA

4. https://www.trubus-online.co.id/musik-untuk-stroberi/

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s