Lima Chanel Youtube yang Membahas Kitab Kuning ( Layak Kita Subscribe lho! )

oleh : Em Amir Nihat

Menurut wikipedia, Kitab kuning adalah kitab yang berisi pelajaran-pelajaran agama islam (diraasah al-islamiyyah) yang diajarkan pada Pondok-pondok Pesantren, mulai dari fiqh, aqidah, akhlaq/tasawuf, tata bahasa arab (`ilmu nahwu dan `ilmu sharf), hadits, tafsir, `ulumul qur’aan, hingga pada ilmu sosialdan kemasyarakatan (mu`amalah). Dikenal juga dengan kitab gundul karena memang tidak memiliki harakat (fathah, kasrah, dhammah, sukun), tidak seperti kitab Al-Qur’an. Oleh sebab itu, untuk bisa membaca kitab kuning berikut arti harfiah kalimat per kalimat agar bisa dipahami secara menyeluruh, dibutuhkan waktu belajar yang relatif lama.

Atas pertimbangan hal itu maka kemungkinan yang bisa mengakses kitab kuning adalah santri. Namun di era digital ini sebagai orang awam kita tidak perlu berkecil hati sebab kita tetap bisa mengakses kajian kitab kuning secara online. Meskipun dalam kualitas tentu kita kalah dengan yang ngaji secara langsung ( mondok )

Berikut ini chanel youtube yang membahas kajian-kajian kitab kuning yang layak kita ikuti dan ambil ilmunya :

.

.

1. GusMus Channel

Chanel resmi dari KH. Mustofa Bisri ( Gusmus ). Beliau adalah pengasuh PonPes Raudlatut Tholibin, Rembang. Beliau juga seorang budayawan, penyair, esais dan penulis yang sudah menulis banyak buku.

Kitab kuning yang dibahas di chanel ini diantaranya : Tafsir Al Ibriz ( Karangan ayahanda beliau ), Idhotun Nasyi’in, Kimya As Saadah, Tajul Arus, Qashidatul Burdah dll

Sangat rekomended untuk kita ikuti karena banyak kajian kitab kuning di chanel ini. Chanel klik : disini

.

.

2. Santri Gayeng

Chanel ini khusus mengupas kajian Kitab Kuning yang dikaji oleh Gus Baha.

“Sulit ditemukan orang yang sangat memahami dan hafal detail-detail Al-Qur’an hingga detail-detail fiqh yang tersirat dalam ayat-ayat Al-Qur’an seperti Pak Baha’,” demikian kata Prof. Quraisy Syihab berkata tentang KH. Ahmad Bahauddin Nursalim Al-Hafidz atau yang lebih akrab dipanggil Gus Baha’.

Gus Baha juga pernah disebut oleh Ustadz Adi Hidayat sebagai Manusia Qur’an. Jika Ulama besar saja memuji beliau maka sudah tidak diragukan lagi keilmuwan beliau.

Kajian kitab kuning yang dibahas : Tafsir Jalalain

Chanelnya klik : disini

.

.

3. PonpesgasekTV

Chanel ini merupakan kajian kitab kuning yang diampu oleh KH. Marzuqi Mustamar.

Kyai Haji Marzuqi Mustamar, M.Ag. (lahir di Blitar, 22 September 1966; umur 52 tahun) adalah Pimpinan Pondok Pesantren Sabiilul Rosyad, Gasek, Malang, Jawa Timur[1]. Kyai Marzuqi juga menjabat sebagai Ketua Tanfidziyah Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama(PWNU) Jawa Timur periode 2018-2023.

Kajian Kitab Kuning yang dibahas : Qurotul Uyun, Tafsir Jalalain, Al Muqtafakot, Nashohihud Dhiniyah, Risalatul Muawanah, Uqudul Lujain, Adabul Alim dll

Chanelnya klik : disini

.

.

4. Majlis ar-Raudhah

Chanel ini yang mengampu adalah Habib Novel Alaydrus dan Habib Muhammad Alhabsyi

Kajian kitab kuning yang dibahas : Arbain Nawawiyah, Ayyuhal walad, Riyadus Sholihin dll

Chanelnya klik : disini

.

.

5. Pondok Pesantren Lirboyo

Salah satu pondok terbesar dengan santri terbanyak di Indonesia. Kiranya tidak perlu diragukan lagi bahwa alumnus lirboyo kebanyakan jadi ulama di daerahnya masing-masing

Klik : disini

.

.

Catatan tambahan :

Jika mau mengaji kitab al hikam secara online yang terbaik menurut penulis adalah pengajiannya KH. Jamaludin Ahmad, Jika mau mengaji dengan kyai yang lucu dan cerdas ada KH. Anwar Zahid, Jika mau mengaji ulama sepuh yang mumpuni ada Syeikhona Maimun Zubair, Jika mau mengaji dengan ulama yang ahli sejarah Islam dan Indonesia ada Gus Muwafiq.

.

.

Catatan penting :

Mengapa Ulama karbitan yang sering bikin kontroversial malah laku di masyarakat. Artinya justru mereka yang memancing untuk ditonton. Sebut saja ulama politik yang sok hafal ayat eh malah ayatnya tidak ada, atau yang coba mengartikan eh malah salah dsb justru mereka yang sering ramai dan dikomen netizen.

Kalau boleh jujur mungkin karena kita lebih fokus ke titik hitam pada kertas putih padahal masih banyak putih yang luas, kan? Untuk hal itu maka solusinya adalah jangan lagi kita bahas dan jangan lagi kita tonton.

Biarkan mereka bicara seenak jidat asal tidak ada yang merespon tentu mereka juga akan hilang dari peredaran. Artinya perlawanan terhadap ulama karbitan adalah jangan lagi kita tonton ceramah mereka. Jangan sampai mereka diberi panggung baik di dunia nyata dan maya.

Mengapa chanel ulama beneran malah sepi ? Karena kita masih melihat jumlah penonton daripada kualitas isi chanelnya. Untuk hal itu sebagai penulis saya merekomendasikan untuk mensubscribe dan mengikuti chanel-chanel diatas.

Sudah bosan bukan trending youtube cuman isinya youtuber nyampah doang makanya kita mulai lawan dengan mengisi youtube dengan tontonan berkualitas dan bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s