RKB 31 : Belajar kepada Hewan yang Sering Dibenci Manusia

oleh : Em Amir Nihat

Pak Cokro bertemu Chairil ketika sedang main di angkringan. Sehabis sholat tarawih, mereka ngobrol ngalor ngidul kali ini mereka ngobol tentang belajar kepada hewan.

“Saya bertanya Pak Chairil, Tuhan menciptakan semua ini pasti ada manfaatnya. Supaya kita tidak menghakimi tanpa ilmu, apa sih manfaatnya Tuhan menciptakan kecoa, lalat, semut dan nyamuk. Hewan ini sering dibenci manusia soalnya, Pak.” Tanya Chairil sambil mengambil gorengan

“Aku setuju denganmu. Tuhan menciptakan semua hal tidak sia-sia dan kita harus tahu ilmunya supaya kita tidak berprasangka buruk pada Tuhan. Apalagi hewan-hewan yang disebutkan tadi memang kebanyakan dibenci oleh manusia. Padahal fungsi dan tujuan adanya hewan itu bermanfaat.”

Kita mulai dari lalat Pak Chairil,

“Lalat yang dianggap hewan kotor tenyata memiliki sisi positif dari bagian tubuhnya, yakni salah satu sayap lalat mengandung antibiotik/penawar penyakit dalam tubuh manusia. Tak hanya itu, lalat membantu manusia dalam memilih makanan yang berformalin ataupun non formalin, karena lalat tidak akan hinggap pada makanan yang berformalin.Lalat dapat dimanfaatkan untuk terapi penyakit menggunakan larva dari lalat yang biasa disebut dengan “Maggot Therapy”. Salah satu cara pengobatan alternatif untuk mengobati luka borok atau korengan yang menahun. Ketika larva lalat menggerogoti luka ia juga sekaligus beraksi untuk membersihkan kulit mati dan daerah-daerah yang terinfeksi, membunuh bakteri yang ada dan merangsang penyembuhan atau penutupan luka.
Sisi positif lain dari lalat yaitu dapat dimanfaatkan dalam bidang industri karena lalat memiliki gen yang bernama gen Refilin yang memiliki fungsi sebagai pengganti karet yang biasa didapatkan dari getah karet atau yang lain. Gen ini lebih kuat dan memiliki daya elastisitas yang lebih tinggi dari semua jenis karet yang ada didunia, gen ini memiliki daya dorong dan daya tekan yang sangat kuat. Fungsi yang luar biasa ini ada pada seekor lalat yang dapat menggetarkan sayapnya sampai 1000 kali dalam setiap detiknya. Gen Refilin juga memiliki fungsi dalam kesehatan karena dapat mengobati penyakit-penyakit yang pada arteri dan vena. Pada arteri yang banyak terjadi penyumbatan, gen-gen Refilin yang ada pada sayap seekor lalat dapat mengobati penyumbatan tersebut. Selain bakteri dan cacing tanah, lalat juga merupakan salah satu hewan pengurai yang dapat mengurai limbah rumah tangga, ini sangat penting untuk mengurangi sampah bumi.”

Kalau kecoa, ayo kita telusuri bersama Pak Chairil,

“Kebiasaan kecoa memakan sisa-sisa makanan dan sampah organik menjadikan tubuh hewan ini memiliki kandungan nitrogen yang cukup tinggi. Dan seperti yang diketahui nitrogen merupakan salah satu unsur yang diperlukan oleh tanaman agar dapat tumbuh dengan baik. Oleh karena itu kecoa dapat dijadikan pupuk alami yang sangat bermanfaat bagi pertumbuhan tanaman. Begitulah semesta bekerja, rantai makanan selalu bermanfaat.”

Kalau semut, ayo kita telusuri,

Semut Bermanfaat untuk menjaga kebun dari serangan hamadan penyakit, karena semut dapat memangsa hama yang secara langsung merusak tanaman ataupun yang menyebarkan penyakit pada tanaman.Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa semut jenisRangrang dapat memangsa berbagai jenis hama tanaman seperti: hama kepik hijau, ulat pemakan daun, ulat pemakan buah dan berbagai jenis kutu-kutuan pada tanaman coklat, mete dan jeruk.

Semut Bermanfaat untuk menyembuhkan beberapa jenis penyakit. Pada beberapa penelitian menunjukkan bahwa semut ampuh untuk mengobati penyakit Kanker, Kolesterol, Maag, dan Asam Urat.

Semut Bermanfaat untuk memberikan kita pelajaran berharga. Beberapa kebiasaan semut yang dapat kita jadikan pelajaran adalah sebagai berikut:

Saling bertegur sapa ketika bertemu. Kebiasaan semut yang berhenti sejenak ketika saling bertemu itu dapat dijadikan pelajaran bahwa memberikan salam kepada siapapun yang berpapasan dengan kita, menegur dengan suara yang lembut dan memberikan senyum dengan penuh keikhlasan serta saling mendoakan satu dengan yang lainnya akan membuat kita selalu berada dalam keberkahan.

Kebiasaan semut yang berjalan pada jalur yang teratur. disini kita dapat memetik pelajaran agar kita selalu berjalan pada jalan yang telah ditentukan yaitu jalan kebenaran sebagai jalur hidup kita, agar kita tidak tersesat di rimba yang bernama Dunia dan tidak tenggelam di dalamnya.

Semut mengajarkan kita untuk selalu berbagi. Kita sering melihat jika ada satu ekor semut menemukan makanan, maka tidak lama kemudian segerombolan semut akan datang untuk mendekati makanan itu,hal ini memberikan kita pelajaran untuk selalu saling berbagi dengan sesama, tidak boleh kikir karena berbagi itu indah, dengan berbagi tidak akan membuat kita kekurangan melainkan akan bertambah dan bertambah”

Nah, kalau ini sering dimusuhi manusia. Coba kita telusuri fungsi dan perannya di kehidupan ini Pak,

1. Peran, Fungsi dan Manfaat Nyamuk Dari Segi Ekonomi

Dari sisi ekonomi ternyata nyamuk memiliki peran disini. Ternyata nyamuk juga bisa mengakibatkan terciptanya beberapa lapangan kerja seperti, pabrik obat nyamuk dan dokter. Bisa dibayangkan jika tidak ada nyamuk di dunia ini sudah pasti yang namanya obat nyamuk tidak akan dibuat dan otomatis kalau tidak ada pabrik pembuatan obat nyamuk pastinya juga tidak akan ada pekerjanya sehingga akan mengurangi satu lagi sumber mata pencarian. Begitu juga dengan dokter, dimana kalau tidak ada penyakit seperti malaria tentunya, DBD, ataupun cikungunya tentunya pasien juga akan berkurang dong.

2. Peran, Fungsi dan Manfaat Nyamuk Dari Segi Lingkungan

Nyamuk memiliki banyak peran bagi lingkungan seperti :

Membantu proses penyerbukan tananaman coklat

Membantu menyebarkan bakteri patogen

Larva nyamuk menghasilkan zar nitrogen yang bermanfaat bagi tanaman

Sebagai indikator dini permasalahan kesehatan

3. Peran, Fungsi dan Manfaat Nyamuk Dari Segi Teknologi

Dari sisi Teknologi nyamuk memiliki peran dimana kehadiranya membuat kita sebagai manusia terus berusaha mengembangkan ilmu pengetahuan sehingga dapat mendorong terciptanya jenis-jenis obat anti nyamuk seperti obat nyamuk bakar, obat nyamuk semprot, obat nyamuk elektrik dan sebagainya.

4. Peran, Fungsi dan Manfaat Nyamuk Dari Segi Manusia
Sebagai manusia tentunya kehadiran nyamuk membuat kita menjadi lebih waspada, dan lebih mendorong kita untuk hidup bersih dan juga sangat membantu kita untuk lebih peduli dengan keadaan dan lingkungan di sekitar kita.

“Waouew. MasyaAllah. Lahawlawalaquwwataillabillah. Ternyata hewan yang saya benci selama ini ada manfaatnya. Alangkah dosanya saya jika main hakim sendiri tanpa ilmu. Yang kita sangka buruk aja ada manfaatnya, apalagi yang tidak kita sangka. Misalnya binatang ternak, burung, dsb. Pasti ada manfaatnya” Sesal Chairil

“Pasti ada manfaatnya! makanya kita harus menpelajari apa sih tujuan Tuhan menciptakan hewan itu. Pasti ada manfaatnya bagi kehidupan dan manusia. Cobalah tonton Nasional Geografic, itu chanel bagus buat belajar kepada hewan. Sekarang yang saya rindukan adalah kunang-kunang. Adakah kau melihat kunang-kunang hari ini, Pak. Apakah kunang-kunang sudah punah ya? “

6 tanggapan untuk “RKB 31 : Belajar kepada Hewan yang Sering Dibenci Manusia

  1. Tulisannya bagus mas, menginspirasi bahwa tidak seharusnya kita gampang melabeli segala hal dengan nilai negatif dan mengesampingkan hal-hal positif. Semoga kita menjadi orang yg senantiasa istiqomah dan terus menyeimbangkan diri didalam kehidupan ini. Aamiin

    Disukai oleh 1 orang

  2. Babi banyak manfaatnya lho apalagi untuk dunia kesehatan. Banyak obat yang mengandung babi tapi manfaatnya sangat besar. Contoh obat Lovenox yang sering disuntikkan kepada pasien penderita gangguan jantung.

    Disukai oleh 1 orang

Tinggalkan komentar