Apa Yang Harus Kita Lakukan Saat Kehilangan

oleh : Em Amir Nihat

Saya yakin siapapun saja yang mengalami kehilangan, entah itu orang yang disayangi, barang-barang, uang, harta atau apapun saja pasti akan bersedih hati. Ini sudah pasti sakit dan susah untuk dilupakan. Tetapi pertanyaan besarnya, haruskah kita menangisi itu terus menerus atau bukankah masih banyak hal lain yang harus kita kerjakan daripada mengeluh dan meratapi nasib.

1. Jika kita kehilangan sesuatu maka tidak usah ditahan-tahan kesedihannya, luapkan dengan air mata. Jika air mata bisa melepaskan rasa sakitmu atau kesedihanmu. Jangan sungkan untuk menangis sebab air mata adalah jalan pertama yang akan kita lakukan jika meratapi kesedihan. Menangislah tanpa perlu kita tahan-tahan.

2. Setelah menangis, janganlah terus terpenjara dalam kesedihan. Kondisi ini memang berat dan susah, ada rasa sakit yang mungkin sangat sulit untuk diobati, Tetapi pertanyaannya kepada kita. Apa kita akan kalah dengan sakit itu? Apa kita hanya akan mengisi hidup kita ini dengan kesedihan, sementara di lain tempat banyak yang menunggu kita untuk bangkit dan semangat kembali. Saya pun mengerti dan paham bahwa untuk bisa bangkit memang berat. Kata-kata pun seringkali tidak ampuh untuh memotivasi diri kita yang sedang terpuruk. Dan yang bisa memotivasi kita ya, hanya kita sendiri. Bukan orang lain.Bukan juga tulisan ini. Tetapi hanya diri kita. Hanya kita yang sanggup membangkitkan gelora semangat kembali. Apakah kita mau bangkit dan semangat kembali,atau hanya akan mengisi hidup dengan penyesalan dan kesedihan belaka ?

3. Jika dirasa sudah siap untuk bangkit dan semangat kembali, sekarang saatnya kita evaluasi dan mengambil pelajaran yang sudah-sudah. Jika kita kehilangan barang, barangkali kita harus lebih waspada ke depannya kelak, Jika kehilangan orang yang disayangi, barangkali kita harus lebih sayang kepada orang-orang yang sayang kepada kita juga. Jika ada pelajaran yang bisa diambil, berbagilah kepada teman-teman kita. Supaya jangan sampai temanmu mengalami kehilangan seperti yang kamu alami. Entah itu kehilangan barang, uang atau harta. Jika ada tips-tips supaya aman atau terhindar dari kehilangan semacam itu, jangan ragu untuk berbagi ke teman-teman. Sampaikan pengalamanku dan bagaimana caranya supaya jangan terjadi kepada mereka.

4. Carilah teman-teman terbaikmu. Teman terbaik adalah yang siap selalu ada dalam suka maupun duka. Barangkali curhat kepada teman, bisa menjadi alternative terbaik untuk bisa move on dari kesedihan atau kehilangan yang kita mengalaminya. Teman yang baik pasti akan memberikan kita semangat untuk bangkit, menolong kita saat kekurangan dan mau berbagi dalam tawa maupun duka. Teman yang baik pasti akan mau mendengarkan keluh kesahmu dan siap menopang dirimu untuk bangkit kembali.

5. Supaya kita tahu dan paham tentang hakekat kehilangan. Pada dasarnya memang takdir sudah ditentukan. Pena sudah mengering. Artinya momen kehilangan sudah tercatat dengan baik, padahal apakah bermakna kehilangan. Jika barangkita hilang, uang kita hilang bahkan diri kita sendiri yang hilang. Apakah benar-benar kehilangan. Padahal semuanya adalah milik Tuhan. Kita, uang kita, barang kita, semuanya itu milik Tuhan. Tugas kita yang dititipi dan diamanati adalah apakah kita bisa memberdayakannya dengan lebih baik. Menjadi perantara supaya dekat kepada Tuhan. Atau malah menjadi sesuatu yang melupakan kita kepada Tuhan. Hilang juga bisa bermakna baik , jika kita ini memang orang yang beriman dan bertakwa. Barangkali dengan kehilangan itu Tuhan mau menggantinya dengan lebih baik atau sebagai cara Tuhan mengampuni dosa-dosa kita. Ada banyak hal yang tidak kita ketahui, ada sesuatu yang kita mengira baik padahal belum tentu baik menurut Tuhan, ada yang kita menyangkanya jelek malah baik menurut Tuhan. Jika kita orang beriman,saya yakin kita bisa legowo dan bersiap untuk bangkit dan semangat lagi. Sebab kita yakin,apa yang terjadi itu pasti juga yang terbaik untuk kita. Tuhan punya caranya sendiri dalam mengurus hambaNya, maka tidak usah cemas dan ragu dengan takdirNya.Jika kita beriman dan bertakwa, maka segera bangkit dan semangat kembali. Ada banyak hal yang perlu kita lakukan, bukan ? Ada banyak teman yang menunggu kita semangat dan ceria lagi, bukan ? Ada waktu yang kita harus mengisi dengan hal-hal yang baik, bukan ?

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s